Pemrograman C

Sampai saat ini, bahasa C telah berhasil digunakan untuk mengembangkan  berbagai jenis permasalahan pemrograman, dari level operating system (unix,  linux, ms dos, dsb),  aplikasi perkantoran (text editor, word processor,  spreadsheet, dsb), bahkan sampai pengembangan sistem pakar (expert system).
Kompiler C juga telah tersedia di semua jenis platform komputer, mulai dari  Macintosh, UNIX, PC, Micro PC, sampai super komputer.

C bisa disebut bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level  programming language). Arti tingkat (level) disini adalah kemampuan  mengakses fungsi-fungsi dan perintah-perintah dasar bahasa mesin/hardware  (machine basic instruction set). Semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman  (misalnya:  java), semakin mudahlah bahasa pemrograman dipahami  manusia, namun membawa pengaruh semakin berkurang kemampuan untuk  mengakses langsung instruksi dasar bahasa mesin. Demikian juga sebaliknya  dengan bahasa pemrograman tingkat rendah (misalnya: assembler), yang semakin sulit dipahami manusia dan hanya berisi perintah untuk mengakses  bahasa mesin. Dalam perspektif mudahnya dipahami manusia, C bisa  digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi, namun C juga menyediakan  kemampuan yang ada pada bahasa tingkat rendah, misalnya operasi bit,  operasi byte, pengaksesan memori, dsb.

Beberapa alasan mengapa memakai bahasa C adalah terangkum dibawah.

  • C adalah bahasa pemrograman yang paling populer saat ini Dengan banyaknya programmer bahasa C, membawa pengaruh semakin mudahnya kita menemukan pemecahan masalah yang kita dapatkan ketika menulis program dalam bahasa  C. Pengaruh positif lain adalah semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas).
  • C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan  jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan.  Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C.
  • C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit  Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang  disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa  pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C. Pengaruh  lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang  sangat cepat. (Ilmukomputer.com) [Download lengkap dibawah ini]

1 Response to “Pemrograman C”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: